Senin, 02 Mei 2011

Kegunaan Fosfor

Kegunaan Fosfor

Fosfor mempunyai berbagai fungsi dalam tubuh.
Klasifikasi tulang dan gigi. Kekurangan fosfor menyebabkan tulang dan pipi diawali dengan pengendapan fosfor pada matriks tulang. Kekurang fosfor menyebabkan peningkatan enzim fosfatase yang diperlikan untuk melepas fosfor dari jarigan tubuh ke dalam darah agar diperoleh perbandingngn kalsium terhadap fosfor yang sesuai untuk pertumbuhan tulang.
Mengatur pengalihan energi. Melalui proses fosforilasi fosfor mengaktifkan berbagai enzim dan vitamin B dalam pengalihan energi pada metabolisme karbohidrat, lemak dan proterin. Bila satu gugus fosfat ditambahkan pada ADP (Adenin Difosfat) maka terbantuk ATP (Adenin Trifospat) yang menyimpan energi dalam ikatannya. Bila energi diperlukan, ATP diubah kemba menjadi ADP. Energi yang menfikat fosfat pada ADP dilepas untuk keperluan berbagai reaksi di dalam tubuh. 

Absorpsi dan transportasi zat gizi. Dalam bentuk fosfat, fosfor berperan sebagai alat angkut untuk membawa zat-zat gizi menyeberangi membran sel atau di dalam aliran darah. Proses ini dinamakan fosforilasi dan terjadi pada absorpsi di dalam saluran cerna, pelepasan zat gizi dari aliran darah ke dalam cairan interselular dan pengalihannya ke dalam sel. Lemak yang tidak larut dalam air, diangkut di dalam darah dalam bentuk fosfolikipida. Fosfolipida adalah ikatan fosfat dengan molekul lemak, sehingga lemak menjadi lebih larut. Glikogen yang dilepas dari simpanan hati atau otot berada di dalam darah terikat dengan fosfor.
Bagian dari ikatan tubuh esensial. Vitamin dan enzim tertentu hanya dapat berfungsi bila terlebih dahulu mengalami fosforilasi, contohnya enzim yang mengadung vitamin B1 tiamin pirofosfat (TTP). Fostat merupakan bagian esensial dari DNA dan  RNA,  bahan pembawa kode gen/keturunan yang terdapat di dalam  inti sel dan sitoplasma semua sel hiuip. DNA dan RNA dibutuhkan untuk reproduksi sel.
Pengaturan keseimbangan asam-basa. Fosfat memegang peranan penting sebagai buffer untuk mencegah tingkat keasaman cairan tubuh. Ini terjdi karena kemampuan fosfor mengikat tambahan ion hidrogen.

Bahan Makanan mg Bahan Makanan mg
Ayam 200 Kacang hijau 320
Daging sapi 170 Kelapa tua, daging 98
Telur ayam 180 Tahu63
Telur bebek 175 Jagung kuning, pipil 256
Tepung susu 694 Beras setengan filing 221
Susu kental manis 209 Tepung terifu 106
Susu sapi 60 Roti putih 35
Keju 338 Biskuit 87
Teri kering 1500 Kentang 56
Sardin (kaleng) 434 Mie kering 47
Udang segar 170 Ketela pohon(singkong) 40
Ikan segar 150 Gula kelalpa 37
Kacang kedelai kering 585 Bayam 67
Kacang merah 400 Daun singkong 54
Kacang tanah terkelupas 335 Wortel 37
Tempe kacang kedelai murni 154 Pisang ambon 28
Sumber : Daftar Komposisi Bahan Makanan, Depkes 1979.



Photobucket